May 15, 2011

1st Indonesian Financial Planning Expo 2011

Apa itu profesi seorang Perencana Keuangan?

What do they actually do?

The 1st Indonesian Financial Planning Expo 2011 (IFPE) di selenggarakan tanggal 26 Maret 2011 di Assembly Hall , Plaza Bapindo Jakarta. Acara ini  bertujuan untuk memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat tentang konsep perencanaan keuangan dan profesi Perencana Keuangan itu sendiri.

Acara ini cukup mendapat respon yang positif dari masyarakat Jakarta maupun yang berasal dari luar Jakarta.... including me : ))

Hampir semua Independent Financial Planner yang ada di Indonesia hadir di acara ini seperti : Aidil Akbar (Akbar's Financial Check Up); Ligwina Hananto (QM Financial); Safir Senduk/ Ahmad Gozali (Safir Senduk & Rekan); Eko Endarto (Finansia Consulting); M. Andoko/ Budi Raharjo (OneConsulting); Rizsa Bambang (Shildt Consulting); Freddy Pieloor (MoneyNLove Financial Consulting) and many more.


Selain para Independent Financial Planner, IFPE juga menggandeng beberapa lembaga keuangan seperti Perbankan, Asuransi , Sekuritas dan ngga ketinggalan Bank Indonesia juga  loh.

Acara IFPE dikemas dalam bentuk talk show secara bergantian dari masing - masing Independent Financial Planner maupun dari perwakilan lembaga keuangan. IFPE di buka oleh Bp. Poltak Hotradero yang memberikan gambaran sekilas tentang profesi Perencana Keuangan dan kenapa kita membutuhkan mereka. Dengan jumlah penduduk yang besar dan median age penduduk Indonesia kelas menengah adalah 28 tahun , atau usia yang sangat produktif maka saat ini pasar untuk Perencana Keuangan di Indonesia masih terbuka lebar.

Topik yang dibahas dalam talk show ini antara lain mencakup tentang : penting-nya membuat perencanaan keuangan; memilih investasi yang tepat sesuai dengan profil resiko dan jangka waktu , dana pensiun, dana pendidikan dan manajemen resiko.

Asyik-nya lagi para peserta yang datang berkesempatan untuk mendapatkan free financial check up dan konsultasi keuangan serta bebas memilih stand milik Perencana Keuangan yang mereka mau. Plus, berkesempatan untuk mendapatkan buku - buku keuangan para Perencana Keuangan, financial calculator dan door prize menarik : )

IFPE ini menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap profesi Perencana Keuangan cukup besar dan mereka sudah mulai sadar akan penting-nya mengelola keuangan pribadi untuk kesejahteraan di masa datang.

Let's plan our life

- Ucik -

No comments:

Post a Comment