May 14, 2011

#AkberSmg - Kelas Perencanaan Keuangan

Buat kalian yang sudah sering wara wiri di twitter pasti udah pernah denger atau bahkan udah pernah ikutan kelas gratis @akademiberbagi. Dalam setiap kelas @akademiberbagi selalu menghadirkan pengajar/ praktisi dari berbagai bidang ilmu (financial planner, advertising, digital social media, dll). Kelas @akademiberbagi ini terbuka buat siapa saja tanpa dipungut biaya apapun alias freeeee.


Tanggal 22 Maret 2011, kota Semarang akhirnya berkesempatan untuk menyelenggarakan kelas @akademiberbagi perdana yang bertempat di @buketkoffeejazz Tembalang. Pendaftaran kelas perdana @akademiberbagi Semarang ini seru banget lo, karena pendaftarannya dilakukan via twitter ke mba @yukiafriani yang di daulat sebagai kepala sekolah @akademiberbagi Semarang dan via mas @didut.

Tema di kelas @akademiberbagi perdana Semarang adalah seputar financial planning dengan pengajar mas @aidilakbar dan mas @boodibear.... whuaa... honestly, the topic of the 1st class became the biggest reason why I joined this class .. *blushing*.. hahahaha...

Mas @aidilakbar dan mas @boodibear membawakan tema "Pengaturan Isi Dompet dan Daftar Belanja Bulanan" dengan sangat menarik. Peserta yang berasal dari berbagai kalangan sangat antusias mengikuti materi yang dibawakan. Banyak pertanyaan - pertanyaan seputar keuangan pribadi dan pengelolaannya yang ditanggapi dengan sangat baik oleh mas @aidilakbar. Saking seru-nya mba @yukiafriani harus "menutup paksa" kelas perdana tersebut karena telah melewati batas waktu.

Beberapa poin seru di kelas @akademiberbagi perdana Semarang :
  • Masih banyak yang kesulitan mengelola keuangan pribadi sehingga sering terjadi defisit di akhir bulan
  • Banyak pengeluaran - pengeluaran kecil yang tidak disadari dan biasanya berupa pengeluaran yang tidak penting namun justru itulah yang biasanya mengganggu bujet yang sudah dibuat, mas @boodibear mengistilahkan pengeluaran ini sebagai "bocor alus" : )
  • Beberapa peserta kesulitan melakukan investasi rutin karena investasi selalu dilakukan diakhir setelah ada sisa duit.
  • Konsep investasi ideal seharusnya adalah : Income - Investment = expense , jadi investasi seharusnya dilakukan diawal dan masuk dalam pos pengeluaran rutin / bulan
  • Investasi yang sudah dilakukan masih banyak yang tidak tepat sasaran, misalnya investasi untuk jangka panjang tapi di tempatkan pada instrumen jangka pendek seperti tabungan, deposito dll
  • Masih banyak yang menunda investasi dengan alasan masih punya cukup waktu, padahal biaya dibutuhkan di masa datang akan sangat besar . Hal ini  disebabkan oleh inflasi yang di Indonesia rata-rata 12.65% (wow...padahal data yang di release selama ini hanya sebesar 6%).
There were many interesting subject and discussion during the class and it's genuinely very useful for every participants. Let's start to take a good care of our own finance.

For more info visit  www.akademiberbagi.blogdetik.com


No comments:

Post a Comment