May 17, 2011

Financial Planning - - - Apaan sih ???

Financial Planning??

Apa sih yang terbersit di benak kita, ketika mendengar kata-kata itu?? Arrghh....emang penting ya?? Kenapa sih pake ribet-ribet segala... Hidup kan udah susah, kenapa harus diatur-atur..bikin riweh aja.... Lha...duit kan emang dicari buat dibelanjain.... And so many more....


That's so normal reaction, secara dari jaman kecil dulu kita tuh jarang banget di ajarin Ortu how to manage our money and make it work better  for us. Gak jarang banget, kita tuh hanya diajarin buat sekolah yang rajin trus dapat ranking or prestasi yang bagus biar besok gede bisa dapet kerja di Perusahaan yang bagus plus gaji gede..is that all??? trus abis itu apa? tauu ah gelap..%^^6&**

Let's take a look on people around us, sering perhatiin ga...Banyak banget orang-orang di sekitar kita yang keliatan udah "sukses", kerja di perusahaan gede & ternama, rumah mewah, mobil keren dan dapat liburan kemana - mana, tapi tetap aja masih kurang. Atau curhatan temen-temen 'seperjuangan' di kantin belakang kantor ..

Gila cyiiinn, baru tanggal segini duit udah mepet, mana belum bayar ini itu lagi...

Duh, gimana yaa... si adek besok masuk SD tapi duitnya udah dipake buat beli Ipad2..huaaaaa......

Yah,,,, gitu deh.... dari kecil emang jarang banget kita punya good money habit... semua udah disediakan Ortu... kalo butuh apa aja kita tinggal minta. Yang kita tahu, duit pasti udah tersedia tapi kita ga tau darimana or bagaimana Ortu harus nyari dan mengelola duit biar bisa cukup buat semua.

Begitu juga setelah kita bisa nyari duit sendiri, tetep aja kebiasaan ngabisin duit buat hal-hal remeh temeh terus berlanjut... boro-boro kepikiran buat nabung dan investasi...ahhh... itu sih masih jauh, sekarang yang penting seneng-seneng dulu...

Tapi pernah gak sih kita berpikir, bagaimana kalau sesuatu yang buruk tiba-tiba kejadian ama kita... Contoh aja, krisis ekonomi yang terjadi di Amerika saat ini... bahkan negara yang memiliki kekuatan ekonomi yang besar bisa terkena resesi yang begitu hebat. Perusahaan banyak yang bangkrut dan tentu saja banyak Karyawan yang kena PHK...atau tsunami yang terjadi di Jepang, selain banyak menelan korban jiwa , banyak loh yang kehilangan rumah, mobil dan harta benda lainnya..What if this happen to us? are we ready for the worst thing that might happen to us?


Kebayang gak, kalo Ortu kita sekarang masih bisa pensiun dengan cukup nyaman? itu karena beberapa diantaranya punya asset tanah yang diwariskan dari jamam kakek nenek kita, sehingga bisa dijual or disewakan untuk bekal pensiun. Tapi bagaimana dengan kita, generasi kini? Dengan tingkat persaingan kerja yang ketat dan biaya hidup yang semakin mahal, bagaimana kita dapat pensiun dengan tetap mempertahankan lifestyle kita saat ini??

Emang sih, kalo kita konglomerat dengan asset yang tak terhitung jumlahnya, atau dapat lotere dengan jumlah spektakuler kita ga perlu khawatir akan masa depan kita, Tapi apakah semua orang dapat seberuntung itiu??

Makanya perencanaan keuangan itu penting banget, biar kita punya punya guidance untuk mengelola keuangan kita terutama untuk kebutuhan jangka panjang. Mulai deh di liat lagi kondisi keuangan kita saat ini, sudah sehat atau belum , arus kas kita udah positif atau belum, cek juga hutang-hutang kita termasuk juga manajemen resiko kalo tiba-tiba terjadi sesuatu yang buruk ke kita.  Mulai juga kenalan ama si "investasi" biar kita dapat lebih mudah mencapai tujuan-tujuan keuangan kita.

Financial planning dapat memudahkan hidup kita di masa yang akan datang, ingat ya... yang nama-nya kebutuhan itu banyak banget sedangkan pemasukan atau source of income kita terbatas. Jadi dengan perencanaan keuangan yang baik dapat membantu kita untuk mewujudkan lebih banyak keinginan kita dengan dana yang terbatas.

Let's plan our finance


Gambar di ambil dari sini 


1 comment: