May 23, 2011

Horeeee!!! Gajian Lagi

Halloooo : )))

Ga terasa yaa, besok udah gajian lagi.... kalo kata temen-temen sih, besok posisi rupiah menguat.. hahaha...They always said  "you don't have to be a Market specialist to read this phenomenon", ada-ada aja...

Well anyway, apapun namanya, duit gajian harus dikelola dengan baik biar ga hilang menguap begitu aja. 

Berikut kiat - kiat mengelola duit gajian :

1. Sisihkan dulu buat bayar Zakat / Perpuluhan

Ini wajib dilakukan karena dengan membayar zakat berarti kita  mengeluarkan sebagian dari rejeki kita untuk orang lain yang memang berhak menerimanya. In my personal overview, semangatnya adalah untuk berbagi dengan sesama

2. Bayar hutang terutama hutang konsumtif

Kalo selama ini bayar kartu kredit (KK) cuman minimum payment, mulai gajian bulan ini  alokasikan pembayaran KK lebih gede dari minimum payment, lebih baik lagi kalo bisa dilunasi sekalian. 
Inget lho walaupun bunga KK "cuman" 3.5% - 4% sebulan ,tapi kalo setaun bisa 42% lebih!!! Ga mau kan duit kita abis hanya buat bayarin bunga KK. 
One more thing, if you wanna pay your monthly debt installment, make sure ya kalo total jumlah cicilan ga boleh melebihi 30% dari total take home pay


3. Cicil Dana Darurat 


Target dana darurat udah terpenuhi belum? Alokasikan sebagian gaji untuk mencicil dana darurat. Besarnya duit gaji yang harus dialokasikan untuk dana darurat dapat disesuaikan dengan cash flow kamu. Yang penting lakukan secara konsisten sampai target dana terpenuhi. Dana Darurat ini bisa dipake buat pengeluaran-pengeluaran yang tak terduga dan ga dibujetin sebelumnya.


4. Investasi


Kalo kemarin ga bisa investasi dengan alasan duitnya keburu abis, mulai gajian bulan ini, sisihkan dulu diawal. Kalo masih kesulitan  berdisiplin, pake aja fasilitas  autodebit dari Bank. Trus berapa nih yang harus di investasiin?
Minimum investasi idealnya 10 - 20 % atau lebih besar dari inflasi. Kalo gajian ini belum bisa memenuhi angka ideal tersebut, misalnya  duit gajian mo dipake buat lunasin KK dulu, kamu boleh kok investasi kurang dari angka ideal tersebut. Yang penting dilakukan rutin dan nantinya ditambahin kalo udah ada kelebihan duit. 
Investasi di buat terpisah dengan rekening yang dipakai untuk operasional harian ya.

5. Alokasikan untuk pengeluaran rutin 


Apa aja sih yang bisa dimasukin ke pos ini : biaya makan, biaya sekolah anak, transportasi, komunikasi (HP, telepon, internet), biaya pekerja rumah tangga, (babysitter, housemaid, driver),   biaya utilitas (PAM, Listrik, iuran kebersihan), dll


6. Buat Pos lifestyle


Ini pos yang paling saya suka, karena dari total take home pay setiap bulan, kita bisa alokasikan sejumlah dana yang bisa dipake untuk "gaya suka suka" hehehe... Mo ngopi-ngopi, watch movie, crembath, dining out or pengeluaran buat lifestyle lainnya bisa diambilkan dari pos ini. Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah mengontrol pengeluaran "gaya suka suka" kamu. Kalo jatah duitnya udah abis ya gak usah maksain, kalo gak mau cash flow-nya jebol.


7. Trus Sisa duitnya?


Abisin ajaaaa.... yang bener??? iyaaaa.... cicilan udah, nyicil dana darurat udah, investasi udah, pengeluaran rutin beres... ya udah diabisin aja sisanya...ngapain bingung-bingung..


Nah kalo buat saya pribadi, biasanya ada satu pos tambahan lagi, yaitu pos cicilan untuk pengeluaran rutin tahunan (bayar asuransi & pajak mobil, pajak PBB rumah, premi asuransi jiwa, etc, etc, etc)  . Pengeluaran tahunan di bagi 12 dan dicicil tiap bulan, jadi pas waktunya bayar duitnya udah ada. 



Have Fun With Your Money : )



Gambar diambil dari sini

3 comments:

  1. weittssss... boleh niy tipsnya mbak Uciiikkk :)

    ReplyDelete
  2. Iyaa Bune My3, bisa di pake buat gajian-nya Pak Diduk : )

    ReplyDelete
  3. klo aku siii...aku alokasiin di 1,3,4,5,6,7....tapi ada kepengenan untuk ivestasi usaha..bisa dimasukin di alokasi dana no 4 ngga ya...
    pengennya "ivestasi untuk bangun usaha"...hmmm...how??

    ReplyDelete