May 21, 2011

Let's Control Our Shopping Habbit

Jadi bagaimana dengan hasil jawaban kamu di check list "Are You a Shopaholic"? di blog saya yang lalu?
C'mon, tell me the answer... how many "Yes" answer did you get ??...
If you got more than 3 "Yes" answers, berarti kamu gak sendirian. Ladies, it's a normal thing, sapa sih yang gak tergoda ngeliatin "the adorable fancy luxurious things" yang ada di depan mata. Mostly, those things are so irresistible, right?
Nah  kalo duitnya ada sih gak masalah buat mindahin semua barang-barang lucu itu ke keranjang belanjaan kita , but how about if you can't control it and finally it all turn into a disaster?

How to control your shopping habit :

1. Admit it !!
Akuilah kalau kamu emang keranjingan belanja dan segera cari bantuan. Hal ini sangat penting, karena kita sadar bahwa kita memang punya "masalah" dan kalo gak ditangani segera kebiasaan ini dapat membawa masalah yang lebih besar. Gimana mo dibantuin kalo kita masih terus-terusan menyangkal dan nyari berjuta alasan untuk membenarkan gaya belanja kalap ini. Don't be a denial dear : )

2. Ga nge-mall dulu
Haah... segitu-nya? yang bener aja? ihhhh bisa gak eksis donk saya???
Lha kalo emang si shopaholic susah mengendalikan diri dan selalu tergoda buat beli barang-barang lucu yang di display di mall mo gimana lagi? No need to worry, it won't last forever. Begitu udah bisa mengontrol belanja kalap" kita, ga papa kok hang around lagi : ). Instead of sight seeing ke mall, kamu bisa lho manfaatin waktu buat melakukan hobby kamu yang lain.  

3. Make a shopping list and get stick into it
Ribet emang kalo belum biasa. Tapi dengan shopping list ini, kamu jadi punya kontrol atas barang-barang apa aja yang mo dibeli. Kalo emang gak ada di list, ya gak usah maksa beli.

4. Always ask a question to yourself : "are you really need to buy it ?"
Setiap kali tergoda beli barang yang ga ada dalam daftar, selalu tanyakan pada diri sendiri : "perlu ga beli barang ini & berapa lama kamu akan pakai barang-nya". Selalu bedakan antara kebutuhan vs keinginan.

5. Make your "Wish List"
Daftar ini berisi barang - barang apa aja yang kamu ingin beli beserta dengan harga-nya. Urutkan dan buat prioritas barang-barang apa aja yang mau dibeli dulu. Kamu bisa membeli barang-barang itu sesuai urutannya. Jadi kalo bulan ini udah beli sepatu baru, gak usah maksa beli tas-nya juga hanya karena ingin di-matching-kan ama si sepatu.You should wait 'till the next turn.

6. The lovely "Shopping Account"
Bener lho... ternyata rekening tabungan gak hanya untuk nyimpen duit DP rumah, biaya sekolah anak, duit DP mobil, dll. Kita juga bisa bikin satu saving account yang duit di dalamnya bener-bener bisa dipakai buat memuaskan hobby belanja kita. Maka-nya penting banget untuk selalu menetapkan tujuan diawal.
Buat target dana sesuai dengan harga barang yang akan dibeli dari "wish list" kamu. Duit-nya bisa kita cicil setiap bulan, begitu target dana udah terpenuhi, kamu bebas pake buat beli barang tersebut. Kalo duitnya belum cukup, yah gak usah maksa.

7. Always pay with the cash 

Kalo udah nyadar ga bisa kontrol hobby belanja karena bisa dengan gampang gesek kartu kredit, ya udah tinggalin aja kartu-nya dirumah. Bayar pake cash aja, biasanya kalo pake cash kita jadi lebih bisa kontrol limit belanja kita. Kenapa sih kita suka kalap belanja ? Pertama : karena emang kita ga bisa kontrol keinginan kita. Kedua : karena kita memiliki kemudahan akses untuk membeli barang tersebut. Dengan kartu kredit seolah - olah kita memiliki extra cash dari limit kartu kredit yang sebenarnya bukan tambahan duit ekstra.

8. Get a shopping partner
Kalo ga yakin bisa mengontrol diri sendiri, maka kamu bisa ajak temen, pacar, sodara, suami, istri, dll buat nemenin kamu belanja, but you gotta remember this one : make sure kalo shopping partner kamu bukan termasuk komunitas "keranjingan belanja" juga. Lha.. yang ada bukannya bantuin malah ngomporin buat beli barang-nya juga... hihihihi. Kalo perlu nyari shopping partner yang saklek, biar kita bisa buang jauh-jauh keinginan belanja kita.
                                                     

9. Switch your bad shopping habit into a good one
Emang ada ya belanja yang lebih bagus? Ada tuh... kalo kamu suka kalap ngeliatin branded bags yang lagi mega sell, mendingan kamu pake aja duitnya buat beli saham-saham bagus yang lagi "diskon" di bursa. Sama juga kok, kapan lagi bisa dapet harga sahamnya Unilever, Astra, BCA dll pas lagi banting harga di bursa atau bisa juga di pakai buat nambah koleksi emas batangan kamu : )

10. Miliki tujuan keuangan yang lebih konkrit
Misalnya, saat ini belum memiliki rumah sndiri atau pengen ganti mobil yang lebih baru, mendingan duitnya di investasikan aja untuk mewujudkan tujuan keuangan itu, daripada hilang ga jelas ke barang-barang yang ga penting.

Do you have another brillian idea in controlling our shopping habit? let's share more : )

 Gambar diambil dari sini 

1 comment:

  1. Awesome..GIBEL,seringna bw kt ke bankrupty,klo mang ga disertai planning & kemampuan byr yg cukup. Adanya blnja brg konsuntif dg cicilan ato utang,dijamin bkl "PARAH".So,i do agree, we must allocate "dana" belanja & diplanning. Ada jg lho,yg sambil dia belanja, tp jg sbg media " INVESTASI" belanja tas "LV" dirawat baik2,kelak pas udah bosen dijual lagi. Dapet lah uang lg.Udah puas make,laku dijual pula!!!happy smart shopping.pandhes

    ReplyDelete