May 22, 2011

Self Social Responsibility

What would you think when you hear the words " Company Social Responsibility (CSR)" ?

Yups, sekarang ini udah banyak perusahan - perusahaan yang gak hanya mengejar profit aja, tapi mereka juga udah mulai memberikan kontribusi  sosial sebagai bentuk tanggung jawab  untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lingkungan sekitar  perusahaan tersebut.

Bentuknya bisa macam-macam, bisa berupa beasiswa untuk anak tidak mampu, perbaikan fasilitas umum, gerakan penghijauan,dll. Jadi orientasinya tidak melulu "profitability" tapi juga "sustainability" perusahaan secara jangka panjang. 

Semangat berbagi ini lah yang akhirnya menginspirasi saya untuk juga melakukan sesuatu yang lebih untuk sesama.... boleh donk punya tujuan mulia juga. I know that I might not be able to make a huge contribution yet and I just wanna start it by doing a simple thing to others, Therefore I named this project as "SELF SOCIAL RESPONSIBILITY" :)).

To tell the truth, I was thinking that supporting the awareness of breast feeding among the young Indonesian Mommies would be an awesome idea. There are some changes happen in our community. Salah satu-nya adalah semakin banyak ibu muda yang juga berprofesi sebagai wanita karir, and  nowadays, there are many less fortunate babies, yang bahkan ga bisa dapet minimal 6 bln asi ekslusif dari si Ibu entah itu karena alesan kesehatan yang ga memungkinkan si Ibu buat memberi ASI, ataupun alasan lainnya seperti jarak dan kesibukan bekerja yang menghalangi si Ibu buat melaksanakan tugas mulia-nya.

ASI sendiri punya banyak sekali manfaat untuk si Ibu maupun adek bayi, karena lewat kegiatan menyusui akan menciptakan "bonding" alami yang tentunya akan sangat baik bagi kondisi psikologi Ibu & baby serta manfaat kesehatan lainnya.

Jadi ide dasarnya adalah meningkatkan kesadaran para mommies  akan manfaat "besar" Asi ekslusif , sehingga mereka bersedia mendedikasikan waktu khusus untuk memberikan ASI untuk si buah hati di tengah kesibukan harian mereka. it's great, isn't it?.


Unfortunately, it's pretty hard for me, as a woman who has no experience in breast feeding to start campaigning this idea. Apparently  I have to switch this awesome idea into another simpler idea. I need to seek for another form of my "Self Social Responsibility". Dan setelah melalui proses perenungan panjang (OMG, did i really do that)....never mind... Finally I made up my mind, Instead of campaigning the importance of breast feeding,  I'd like to share the awareness  of financial literacy especially to the middle class of Indonesian and women in particular as my social responsibility

I  totally agree when someone says "Even the thousand miles journey begin with a simple step", so..dengan mengedukasi orang-orang terdekat tentang pentingnya "melek finansial" saya berharap akan memberikan suatu perubahan.

It will be wonderful, kalo kita dapat mengelola keuangan kita saat ini dengan baik untuk masa depan kita dan orang - orang tercinta.

I found mine now, so what about you?


Gambar diambil dari sini

1 comment:

  1. Melek financial..!! ini hebat dampakna,sy baru ngalami asyikna melek financial 2 bln lalu..Sadar gmn ngatur duit biar sehat financial ampe uzur nanti.Berbagi dg org2,so mrka bs ikut "sadar&melek" finacial pasti sgt menyenangkan.TUJUAN MULIA..So keep sharing & break free..:)

    ReplyDelete